Sabtu, 21 Juli 2018

Cara Mengatur Startup Windows 7 Paling Mudah

Cara Mengatur Startup Windows 7 Paling Mudah bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah. Anda dapat masuk ke sistem konfigurasi windows dari menu startup. Lalu pergi ke tab startup untuk melakukan setting dan konfigurasi yang anda inginkan. Pada kesempatan ini, sinaukomputer.net akan membahas tentang bagaimana setting startup di komputer terutama yang menggunakan windows 7.

Sekarang bisa dibilang tidak lagi era windows 7, tapi kita tidak bisa menyangkal, masih banyak yang setia dengan sistem operasi ini. Selain cara mudah pengguna, sistem ini bekerja cukup stabil, dan juga merupakan peralihan dari versi windows sebelumnya. Termasuk di setting untuk mengoptimalkan windows kerja via menu startup. Cara mengakses startup di windows 7 sama dengan versi sebelumnya yaitu dari menu konfigurasi. Bagaimana dan untuk fungsi apa? kita akan melihat lebih banyak sekarang.

Sebelum kita membahas cara yang sangat mudah, tahukah anda apa itu startup? Dan apa fungsinya? Penulis yang belajar komputer otodidak tidak begitu mengerti dalam teori apa itu start up, tapi bisa kita katakan bahwa start up adalah proses ketika komputer pertama kali dihidupkan dan langsung terhubung dengan windows.

Saat komputer kita menyala, ada beberapa program atau perangkat lunak komputer yang juga aktif bersamaan seperti anti virus, dan aplikasi lain yang pada saat instalasi secara default akan muncul saat komputer masuk ke windows. Terkadang hal ini akan membuat komputer bekerja berat, apalagi jika programnya sangat banyak. Bahkan terkadang bisa membuat komputer hang.

Salah satu teknik untuk membuat kinerja komputer menjadi lebih baik adalah dengan mengatur program - program yang seharusnya tidak aktif saat komputer aktif untuk pertama kalinya. Pengaturan program startup di windows 7 adalah untuk menonaktifkan program - program tidak aktif berpartisipasi ketika komputer dihidupkan sehingga komputer bekerja akan lebih ringan. Lalu bagaimana cara mengaturnya? Berikut adalah langkah - langkahnya.

Cara mengatur startup windows 7
Cara mengatur startup windows 7

Salah satu cara yang biasa untuk masuk ke menu startup adalah dari "run program" Anda bisa mengaksesnya dari start menu, klik start menu maka anda akan melihat kolom "search program and file" di bawah semua program.
Cara mengatur startup windows 7
Cara mengatur startup windows 7

Untuk masuk ke konfigurasi sistem maka kita bisa mengatur aplikasi yang ada saat start up, ketik kata "msconfig" lalu klik Enter. Tunggu sebntar, di layar akan muncul jendela konfigurasi sistem yang berisi beberapa tab, salah satunya adalah start up.

Anda bisa lihat di dalam kotak ada banyak program komputer dimana saat komputer anda dinyalakan maka seluruh daftar program ada juga yang aktif. Ini adalah saat Anda mengaktifkan semua program.

Sekarang sebaliknya kita akan mengurangi beberapa program yang dianggap tidak perlu secara otomatis diaktifkan saat komputer dinyalakan. Cara mengatur program startup di windows 7 untuk ketiga adalah dengan cara menghapus tanda centang pada aplikasi yang dimaksud. Dan sebaliknya, untuk menyalakannya kembali, centang kotaknya.


Setelah Anda selesai mengaturnya, klik "apply" terlebih dahulu kemudian lanjutkan dengan klik "Ok". Nah dengan melakukan pengaturan ini, artinya program tidak lagi aktif berpartisipasi ketika komputer pertama nyala.

Cara setting startup pada windows 7 dengan software

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatur program start up, yaitu dengan perangkat lunak. Tapi Anda perlu menginstal program di komputer Anda sebelum menggunakannya. Anda tahu Ccleaner? Dengan program pembersihan registri kita juga bisa mengatur start up aplikasi atau program di komputer kita.

Bagi Anda yang tidak memiliki program ini, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu dan menginstalnya di komputer Anda. Nah cara mengatur aplikasi startup di windows 7 dengan software ini sangat mudah.

1. Pertama jalankan program Ccleaner

2. Ada banyak menu di sisi kiri, untuk mengatur start up anda klik pada "Tools" lalu lanjutkan klik "startup"

3. Untuk menonaktifkan pilih slah satu program yang terdapat dalam daftar lalu klik "disable" di sini sisi kanan. Untuk mengaktifkan kembali hal yang sama, hanya klik "aktifkan".

Anda bebas memilih antara dua cara itu. Keduanya sama mudah dilakukan. Hanya saja jika komputer Anda belum menginstal aplikasi ccleaner maka Anda harus menginstal dulu agar bisa menggunakan cara kedua

Tags :

Related : Cara Mengatur Startup Windows 7 Paling Mudah

0 comments:

Posting Komentar