Senin, 09 Juli 2018

Jenis Jenis Menu HTML

Jenis Jenis Menu HTML - Ada beberapa jenis menu HyperText Markup Language ( HTML ), walaupun kebanyakan menerapkannya memerlukan penggunaan style sheet cascading ( CSS ), bahasa scripting atau beberapa modul eksternal. Jenis yang paling mendasar adalah daftar link statis. Strip pilihan horizontal atau vertikal dapat dibuat agar terlihat seperti menu bar dari aplikasi desktop.

Menu multilevel memungkinkan setiap opsi menu berisi menu lain dan dapat digunakan untuk navigasi yang rumit melalui situs web yang besar. Efek khusus seperti menu HTML mengambang atau menu yang bernyawa saat dibuka juga dimungkinkan di sebuah situs web.

Menu HTML


Jenis menu HTML yang paling dasar adalah daftar link statis. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menerapkan menu dalam HTML dasar dan murni. Menu dalam kasus ini pada dasarnya hanyalah daftar link, dengan masing-masing menjadi link hypertext ke tujuan. Meski sangat sederhana, menu jenis ini akan ditampilkan di semua perangkat dan tidak bergantung pada fitur browser khusus yang bisa dioperasikan.

Menu HTML down-down menyerupai menu bar dalam aplikasi desktop standar. Bila sebuah kata atau ikon pada jenis menu ini diklik, sebuah kotak berisi pilihan yang dapat dipilih terbuka di bawah kata atau ikon yang diklik. Menu drop-down sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan pengguna komputer namun dapat mempersulit navigasi di situs web jika terlalu banyak pilihan atau header yang digunakan.

Menu HTML bertingkat adalah cara untuk menerapkan menu pohon bersarang. Ini bisa muncul sebagai menu drop-down atau lebih seperti pohon properti, dengan setiap opsi memiliki cara untuk memperluas sub-pilihan di pohon.

Dengan penggunaan HTML dinamis (DHTML) atau bahasa scripting, menu bertingkat dapat dibuat secara dinamis dari serangkaian halaman web dan diperbarui selama navigasi. Kemungkinan komplikasi adalah bahwa, jika kedalaman pohon pilihan sangat dalam, pemformatan pada halaman web mungkin akan terpengaruh.

Baca juga: Macam Macam Web Browser
Sejarah Web
Pengertian URL

Menu Floating HTML menggunakan teknik yang kurang terstandarisasi daripada jenis menu HTML lainnya namun dapat membuat elemen navigasi yang mudah untuk sebuah halaman.

Dengan menggunakan CSS dan scripting, satu frame bisa diposisikan di lokasi statis pada halaman sehingga, meski bergulir, menu selalu tampil di tempat yang sama. Beberapa browser belum tentu mendukung kode penentuan posisi yang diperlukan untuk menu terapung. Tanpa perancangan halaman yang hati-hati, menu sebenarnya bisa menutupi informasi penting di halaman.

Tags :

Related : Jenis Jenis Menu HTML

0 comments:

Posting Komentar