Selasa, 22 Agustus 2017

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area - Berdasarkan luas area, jaringan komputer dapat kita bagi menjadi jaringan komputer LAN atau Lokal area network (wilayah lokal), jaringan komputer MAN atau Metropolitan Area Network (wilayah metropolitan), dan jaringan komputer WAN atau Wide Area Network (wilayah luas).

Jaringan komputer LAN merupakan jaringan komputer milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran kurang lebih sekitar 1 - 10 kilometer.

Jaringan LAN umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.

Sedangkan jaringan komputer MAN atau wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan komputer LAN sehingga dapat mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak kurang lebih 10 - 50 kilometer.

Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic).

Jaringan komputer WAN atau wilayah luas merupakan jaringan komputer antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua.

Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, contohnya jaringan komputer yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan komputer yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

Media transmisi utama adalah komunikasi melalui satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

Artikel berkaitan;

Related : Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area

0 comments:

Posting Komentar