Kamis, 19 Mei 2016

Jenis Jenis Modem dan Gambarnya

Jenis Jenis Modem  - Modem adalah perangkat keras komputer yang wajib ada ketika ingin menhubungkan komputer ke jaringan internet, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis modem ternyata sangat banyak dengan kualitas yang berbeda-beda. Maka dari itu, pada postingan ini kita akan membahas beberapa jenis modem yang masih digunakan saat ini.
1. Modem Radio (Radio Modem)
Modem radio yaitu jenis modem yg digunakan oleh siaran satelit, WiFi, Hp, & juga hampir seluruh layanan nirkabel yg ada sekarang ini. Modem WiFi & WiMax ialah jenis modem radio yg menggunakan modem mobile broadband nirkabel yg beroperasi pada frekuensi gelombang mikro.


Jenis Jenis Modem dan Gambarnya


2. Modem Dial-Up Modem Dial-Up
Jenis Modem Dial-Up adalah jenis modem pertama yg memakai DSL, jaringan kabel, atau layanan Fiber Optic. Modem Dial-Up kini sudah sangat jarang, tetapi tetap ada yg menggunakannya terutama di daerah pelosok di mana tidak tersedia DSL, kabel, atau layanan Fiber Optic.

Jenis Jenis Modem dan Gambarnya

3. Modem Mobile Broadband
Modem Mobile Broadband (Modem Wireless) adalah modem yg menggunakan system hp (GPRS, UMTS, HSPA, EVDO, WiMax, dll). Ada 2 type modem nirkabel (wireless) adalah internal & eksternal. Modem internal kebanyakan tertanam langsung di dalam perangkat komputer seperti notebook contohnya. Sedangkan modem nirkabel eksternal rata rata menggunakan kartu koneksi (connect card), seperti pada modem USB utk mobile broadband & router selular.
Baca Juga : Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Modem CDMA; Jenis modem CDMA (EVDO) ini hampir sama dgn tipe modem GSM. Cuma saja utk modem CDMA tidak menggunakan R-UIM card, tapi memakai Electronic Serial Number (ESN) sbg gantinya.

Modem USB; Jenis Modem USB nirkabel menggunakan port USB pada netbook bukan kartu Computer atau slot ExpressCard. Modem USB yg dipakai utk internet mobile broadband pula lebih sering dinamakan sbg 'dongle'.

Modem GSM; Tipe modem GSM nirkabel ini di lengkapi dgn pemegang card SIM yg terintegrasi. Dan sekian banyak model modem GSM pun di lengkapi dgn slot memori MicroSD dan/atau jack utk antena eksternal penambahan. 


4. Home Networking (Jaringan Rumahan)
Dalam pengertian modem, meski di sini istilah modem jarang digunakan, tapi tetap saja jaringan ini memakai modem buat berbagai aplikasi rumah berkecepatan tinggi, dgn memakai berbagai jaringan kabel yg ada di rumah (seperti saluran listrik, saluran telpon & kabel koaksial).

Jenis Jenis Modem dan Gambarnya


5. Voice Modem (Modem Suara)
Voice Modem adalah modem biasa yg juga bisa merekam atau memutar suara/audio lewat saluran telpon. Modem kategori ini biasa dimanfaatkan utk beberapa penerapan telephone.
 Baca juga : Cara instal modem di laptop

Jenis Jenis Modem dan Gambarnya


6. Modem Broadband
Modem ADSL yaitu jenis modem yg lebih baru. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) tak dibatasi pada frekuensi audio voiceband telpon. Sangat Disayangkan performa modem ADSL sangat tergantung jarak. Makin panjang kabel telpon yg dipakai, kualitas jaringannya bakal makin jelek, modem ini mesti memilki residential gateways.

Related : Jenis Jenis Modem dan Gambarnya

0 comments:

Posting Komentar