Minggu, 08 Juli 2018

Pengertian HTML dan Fungsinya

Pengertian HTML dan Fungsinya - HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language (HTML) yang merupakan jenis bahasa komputer yang digunakan untuk membuat halaman yang bisa diposkan di Internet atau dikirim melalui email.

Meski kelihatannya rumit bagi banyak orang, namun HTML dianggap bahasa yang relatif sederhana. Semua elemen teks, grafik, dan desain halaman yang dirancang dengan bahasa ini "diberi tag" dengan kode yang menginstruksikan browser web atau program email bagaimana menampilkan elemen tersebut.

Tag juga menyediakan informasi tata letak dan pemformatan sehingga halaman web atau email akan terlihat sedekat mungkin dengan cara perancangnya menginginkannya untuk dilihat. Bagi perancang situs pemula atau orang lain yang perlu mengetahui kode tertentu atau ingin belajar membuat keseluruhan situs web, ada banyak utilitas perangkat lunak, program dan situs web yang dapat membantunya dalam menulis kode HTML.

HTML



Struktur HTML
Pengkodean HTML terstruktur seperti pohon, dengan setiap tag berbeda disarangkan di dalamnya. Dalam kebanyakan kasus, setiap elemen format memerlukan tag awal dan tag akhir, dan tag yang berbeda tidak boleh tumpang tindih. Inilah yang dimaksud dengan "bersarang;" jika tag 2 terbuka setelah tag 1, maka tag 2 harus ditutup terlebih dahulu sehingga elemen pemformatan tag 2 seluruhnya tertutup dalam tag 1.

Elemen adalah komponen individual yang membentuk kode, dan menyertakan tag pembuka dan penutup dan konten diantara mereka. Atribut memberikan informasi lebih banyak tentang elemen, dan terdiri dari atribut dan nilainya, dihubungkan dengan tanda yang sama.

Untuk membuat elemen HTML, pengguna membuat tag yang dimulai dan ditutup dengan tanda kurung siku dan meletakkannya di depan teks yang perlu diformat. Kode - biasanya satu atau beberapa huruf, angka, kata, dan / atau simbol - di dalam tanda kurung sudut menunjukkan elemen dan atribut yang harus dimiliki konten, seperti ukuran, font, atau karakteristik lainnya.

Untuk mengakhiri format, pengguna mengetikkan braket sudut pertama, lalu garis miring terbalik, lalu mengulangi kode elemen dan menutup braket. 

Misalnya, <title> <strong> Apa itu HTML? </ Strong> </ title> adalah kode yang digunakan untuk memformat judul artikel ini; tag elemen "kuat" disarangkan di dalam tag "judul".
Jenis Kode HTML
Ada banyak kode untuk memungkinkan pemformatan teks yang berbeda, termasuk huruf miring, tabel, paragraf, dan hyperlink ke halaman web. Kode juga bisa menunjukkan ke browser atau program email bagaimana menampilkan atau menggunakan elemen lain, seperti gambar, grafik, video, dan suara.

Jenis kode lainnya tanpa tanda kurung sudut dapat digunakan untuk membuat tanda baca, diakritik, dan simbol lain yang mungkin muncul dalam teks. Meskipun semua browser web dan banyak program email menggunakan HTML, masing-masing mungkin menafsirkan dan menampilkan kode sedikit berbeda, dan perancang sering harus mempertimbangkan variasi ini saat membuat halaman web.

Cara Mengembalikan Kontak Email yang Terhapus
Jenis Jenis Email
Cara Mengirim Email Lewat Gmail

Bahasa yang Berkembang
Sejak pengembangan HTML di awal tahun 1990an oleh ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee, telah terjadi banyak perubahan dan versinya. Versi ini telah dikelola oleh World Wide Web Consortium (W3C) sejak tahun 1996. Pada bulan Januari 2008, Draft Kerja Publik Pertama HTML 5 diterbitkan oleh kelompok kerja yang mengembangkan spesifikasi ini.

Masih dalam pengembangan seperti tahun 2011, revisi ini diharapkan dapat secara dramatis mengubah pengembangan aplikasi untuk web. Ini mengenalkan sejumlah elemen baru, termasuk untuk struktur situs, interaktivitas, dan dukungan audio dan video, serta atribut baru.

Melihat Kode Halaman Web

Kode yang digunakan untuk membuat halaman web bisa dilihat dengan menavigasi browser ke halaman, lalu memilih opsi yang benar dari menu browser. Di sebagian besar browser, pengguna dapat mengeklik menu "lihat" dan memilih opsi seperti "sumber", "lihat sumber" atau "sumber laman". Ini akan menyebabkan jendela munculan muncul, dan ini akan menunjukkan kode yang digunakan untuk membuat halaman web tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua konten yang ditemukan di semua halaman web ditulis dalam HTML. Extensible Markup Language (XML) dan Extensible HyperText Markup Language ( XHTML ) adalah jenis bahasa markup lainnya yang digunakan dalam pengembangan web.

Selain itu, style sheet - seperti Cascading Style Sheets ( CSS ) - digunakan untuk melampirkan style pada dokumen HTML. Bahasa seperti Flash® dan Java® digunakan untuk membuat konten interaktif. Banyak bahasa pemrograman lain dapat digunakan untuk menambahkan fungsionalitas tertentu ke situs web.

Dibandingkan dengan HTM
Secara praktis, ada sedikit perbedaan antara ekstensi HTM dan HTML, karena keduanya dibaca sebagai file HTML oleh sebagian besar mesin.

Alasan ada dua ekstensi yang berbeda untuk memulai adalah bahwa beberapa tipe komputer tertentu, seperti komputer yang menjalankan sistem 16 bit DOS atau Windows® 3, tidak dapat membaca empat ekstensi karakter, dan memerlukan ekstensi HTM tiga karakter.

Sebagian besar sistem yang dapat membaca empat ekstensi karakter secara otomatis diprogram untuk mengenali file HTM sebagai file HTML, walaupun pengguna komputer terkadang memerlukan converter untuk mengubah file dari HTM ke dalam format yang dikenali oleh sistem.

Tags :

Related : Pengertian HTML dan Fungsinya

0 comments:

Posting Komentar