Senin, 16 Juli 2018

Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya

Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya - Kabel Coaxial adalah media penyalur atau pengalirhantar (transmitter) yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal–sinyal listrik.

Kabel coaxial memiliki kemampuan yang besar dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar, sehingga dapat mengalirhantar (transmit) kelompok kanal frekuensi percakapan atau program televisi. Kabel coaxial biasanya digunakan untuk saluran antar-setempat (interlocal) yang berjarak cukup dekat dengan jarak selebihnya 2.000 km.


Kelebihan Kabel Coaxial
Kabel jenis coaxial mempunyai kemampuan dalam menyalurkan sinyal-sinyal listrik yang lebih besar dibandingkan saluran transmisi dari kawat biasa.

Selain itu kabel coaxial memiliki ketahanan arus yang semakin kecil pada frekuensi yang lebih tinggi. Perambatan energi elektromagnetiknya dibatasi dalam pipa dan juga sekat dari pengaruh interfensi atau gangguan percakapan silang luar karena bentuknya yang sedemikan rupa.

Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya
Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya

Pada perkembangannya, penggunaan pesawat telepon yang semakin meningkat menyebabkan adanya keterbatasan penampungan spektrum yang tersedia pada mikrowave. Hal ini berdampak pada peningkatan penggunaan kabel coaxial sebagai penunjang jalur mikrowave pada jarak yang pendek.

Kelemahan Kabel Coaxial
Meskipun kabel coaxial pada dasarnya memiliki tingkat keandalan yang tinggi dalam proses transmisi, dari sisi ekonomi, sistem penyaluran informasi menggunakan kabel coaxial memiliki kelemahan ialah dalam hal investasi dan biaya pemeliharaan yang mahal. 

Lebar bidang frekuensi dalam kabel coaxial hanya terbatas oleh pengerasan yang dikehendaki, yang diperlukan untuk mempertahankan kualitas sinyal yang baik.

Dalam suatu jarak tertentu, transmisi sinyal-sinyal elektromagnetik harus diangkat dengan serangkaian repeater yang terbuat dari tabung elektron pada jalur tersebut agar penyampaian komunikasi terjalin lebih baik. Satu kelemahan yang juga melanda kabel coaxial ialah adanya pengaruh yang besar dari variasi temperatur.

Hal ini dapat berpengaruh pada mutu dan kualitas dari sistem coaxial tersebut. Masalah ini kemudian ditanggulangi dengan adanya penanaman kabel di dalam tanah dan juga mengandalkan bantuan repeater yang bertugas sebagai penyeimbang tambahan terhadap perubahan variasi temperatur yang terjadi dalam kabel.

Nah itulah Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya semoga bermanfaat!

Artikel berkaitan;

Related : Pengertian Kabel Coaxial dan Kelebihan serta Kekurangannya

1 comments: