Sabtu, 07 Juli 2018

Pengertian Ethernet dan Fungsinya

Pengertian Ethernet dan Fungsinya - Ethernet adalah protokol komunikasi standar yang disematkan di perangkat lunak dan perangkat keras, yang ditujukan untuk membangun jaringan area lokal (LAN).

Ini dirancang oleh Bob Metcalfe pada tahun 1973, dan melalui upaya Digital, Intel dan Xerox (yang digunakan Metcalfe), "DIX" Ethernet menjadi model standar untuk LAN di seluruh dunia.

LAN hard-wired dasar terdiri dari komponen berikut:
Dua atau lebih komputer dihubungkan bersama, atau jaringan.
Kartu antarmuka jaringan (NIC) di setiap komputer.
Kabel Ethernet terhubung ke komputer masing-masing.
Switch jaringan atau pusat jaringan untuk mengarahkan lalu lintas jaringan.
Perangkat lunak jaringan

NIC dipasang di setiap komputer dan diberi alamat unik. Kabel Ethernet beroperasi dari masing-masing NIC ke central switch atau hub. Switch atau hub akan bertindak sebagai relay (walaupun mereka memiliki perbedaan signifikan dalam cara menangani lalu lintas jaringan), menerima dan mengarahkan paket data ke LAN. 

Pengertian Jaringan Komputer

Jenis jaringan ini, oleh karena itu, menciptakan sistem komunikasi yang memungkinkan berbagi data dan sumber daya, termasuk printer, mesin faks dan pemindai.

Jaringan ini juga bisa nirkabel. Alih-alih menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer, NIC nirkabel menggunakan gelombang radio untuk komunikasi dua arah dengan sakelar atau hub nirkabel. Sebagai pengganti port Ethernet, NIC nirkabel, switch, dan hub masing-masing dilengkapi antena kecil.

Jaringan nirkabel bisa lebih fleksibel untuk digunakan, namun juga memerlukan perawatan ekstra dalam mengonfigurasi keamanan.

Teknologi alternatif mencakup protokol "Token Ring" passe yang dirancang oleh IBM, dan teknologi transfer transfer asynchronous (ATM) yang jauh lebih baru. ATM memungkinkan perangkat dihubungkan melalui jarak yang sangat jauh untuk menciptakan WAN (jaringan area luas) yang berperilaku seperti jaringan LAN.

Untuk jaringan murah yang berada di satu bangunan, Ethernet adalah standar yang mapan dengan catatan yang solid, yang membual selama tiga dekade untuk menyediakan lingkungan jaringan yang andal.

Pengertian Ethernet dan Fungsinya

Topologi Jaringan

Penunjukan formal untuk standarisasi protokol Ethernet kadang disebut IEEE 802.3 . IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) mengusulkan sebuah kelompok kerja pada bulan Februari 1980 - menghitung penetapan [19] 80 2 [nd bulan] - untuk standarisasi protokol jaringan.

Subkomite ketiga bekerja pada rasa dasarnya identik dengan Ethernet, meskipun ada varians yang tidak signifikan. Akibatnya, penggunaan istilah generik mungkin mengacu pada IEEE 802.3 atau DIX.

Related : Pengertian Ethernet dan Fungsinya

0 comments:

Posting Komentar