Selasa, 10 Juli 2018

Pengertian Dynamic HTML atau DHTML

Pengertian Dynamic HTML atau DHTML - Dynamic HTML yang lebih dikenal dengan DOM scripting atau DHTML, adalah seperangkat alat yang bisa digunakan untuk membuat elemen interaktif pada sebuah situs web. Biasanya, HTML dinamis menggabungkan HTML standar, yang merupakan bahasa markup web, dengan bahasa scripting .

Hal ini memungkinkan perancang situs web menyertakan elemen variabel ke laman web yang dapat diubah oleh pengguna setelah laman dimuat. Contoh HTML dinamis adalah menu yang turun saat pengguna melayang di atasnya. Game DHTML juga menjadi lebih populer.

Situs web yang dibangun dari HTML statis tidak dapat diubah atau diedit oleh pengguna setelah dimuat. Untuk situs web dasar, ini bukan masalah, namun kurangnya interaktivitas merupakan masalah bagi banyak situs web dan aplikasi. 

Pengertian DHTML



Baca juga: 
Jenis Menu HTML

Dynamic HTML menggabungkan HTML biasa dengan JavaScript, bahasa scripting sederhana, untuk memberikan kebebasan jauh lebih besar kepada perancang web melalui elemen interaktif.

HTML standar tidak memiliki "variabel" yang dapat diubah, namun HTML dinamis tidak. Begitu situs web dengan DHTML dimuat, bahasa scripting dapat digunakan untuk mengubah elemen halaman tertentu.

Tidak dapat, bagaimanapun, membuat halaman dengan konten yang dihasilkan secara dinamis. Untuk ini, perancang web harus menggunakan bahasa script sisi server seperti PHP dan Perl .

Awalnya, HTML dinamis dikenal sebagai DHTML. Karena masalah awal dengan mendapatkan teknologi untuk bekerja di semua browser internet, label ini telah ketinggalan mode.

Sebagai gantinya, teknologi sekarang biasanya disebut sebagai scripting DOM yang merupakan singkatan dari Document Object Model scripting. Ini menyediakan seperangkat konvensi yang bekerja di semua browser, dan membuat pengembangan halaman web dinamis semakin mudah.

Ada sejumlah contoh umum HTML dinamis yang sedang beraksi. Selain menu drop down , form yang bisa mengembalikan informasi tanpa perlu dikirim ke server dan secara otomatis mengupdate konten adalah dua contoh lainnya. Ini akan sangat sulit, atau tidak mungkin, untuk mencapai penggunaan HTML standar dan bahasa script sisi server.

Menyembunyikan konten dari pengguna sampai tindakan tertentu telah dilakukan adalah penggunaan teknologi yang umum.

Perkembangan game HTML dinamis menjadi semakin sulit karena masalah cross-browser mulai kurang langka. Permainan scripting DOM masih tergolong langka, namun teknologinya bekerja dengan baik untuk game berbasis browser kecil. Kelebihan game DHTML adalah mereka juga bisa menjalankan sistem operasi populer sebagai widget.

Tags :

Related : Pengertian Dynamic HTML atau DHTML

0 comments:

Posting Komentar