Jumat, 13 Juli 2018

Pengertian Cache CPU dan Fungsinya

Pengertian Cache CPU dan Fungsinya - Cache unit pemrosesan sentral ( CPU ) adalah jenis memori akses acak (RAM) yang dibangun langsung ke dalam mikroprosesor itu sendiri dari sebuah komputer, dan ditetapkan sebagai cache L1 .

Varietas lain dari cache CPU adalah kapasitas terbatas RAM L2 static ( SRAM ) pada motherboard. Kedua jenis memori ini adalah yang pertama kali diakses oleh mikroprosesor dalam melakukan instruksi rutin sebelum memori RAM standar digunakan, dan ini memberi kinerja karakteristik prosesor yang lebih baik.

Praktik menempatkan memori cache CPU pada mikroprosesor untuk akses langsung ke memori guna mempercepat akses data prosesor telah dilakukan sejak pembuatan prosesor komputer 80486 yang dibuat pada tahun 1989, yang memiliki register cache L1 yang tidak sempurna yang terpasang di dalamnya.

Baca juga:

Tingkat cache L2 yang lebih besar yang terintegrasi langsung ke dalam fungsionalitas prosesor mulai digunakan pada tahun 1995. Pada tahun 2011, tingkat memori cache CPU ketiga juga ada di beberapa sistem komputer yang dikenal sebagai L3, yang diakses sebelum memori RAM utama dari sistem itu sendiri sudah digunakan Setiap tingkat cache dirancang agar lebih besar dan lebih lambat dalam kinerjanya karena jaraknya dari mikroprosesor meningkat.

Tingkat cache CPU L1 paling awal berukuran 8 kilobyte, dengan cache L2 pada mesin pada tahun 2007 sudah melampaui batas ukuran 6 megabyte, dan beberapa sistem pada tahun 2011 telah memasukkan buffer cache L4 berukuran hingga 64 megabyte.

pengertian cache cpu




Fungsi memori cache volume rendah berkecepatan tinggi untuk pusat mikroprosesor sekitar cara mereka melakukan instruksi. Sebagai mikroprosesor melakukan operasi, secara tradisional harus mengirim permintaan data ke memori utama di bus sistem.

 Dalam istilah komputer, ini adalah proses yang sangat lambat, sehingga perancang CPU dibangun di jalan pintas untuk proses data yang berulang kali diakses oleh mikroprosesor.

Bila data yang sering diakses sudah dimasukkan ke dalam cache CPU, mikroprosesor dapat melakukan operasi pada tingkat yang jauh lebih cepat dan lebih efisien. Untuk alasan ini, ingatan unit proses sentral ini sering disebut sebagai cache instruksi atau cache data dimana ia terkait langsung dengan fungsi mikroprosesor dan perangkat keras komputer itu sendiri.

Sebaliknya, sebagian besar data yang tersimpan dalam RAM standar di komputer adalah cache perangkat lunak untuk banyak program yang komputernya berjalan bersamaan.

L1 cache juga sering disebut sebagai memori terlindungi, atau memori dengan alokasi no-write, karena data yang tersimpan dalam cache ini sangat penting untuk fungsi komputer. Jika tidak sengaja ditimpa, komputer dapat mengalami kesalahan perlindungan umum di mana ia terpaksa mematikan dirinya sendiri dan restart untuk menghapus cache CPU yang rusak.

Berbagai tingkat cache CPU memiliki fungsi penyangga menulis , di mana mereka akan menulis data yang tersimpan di sana kembali ke memori utama untuk membebaskan ruang di cache saat operasi yang lebih sering diakses perlu diprioritaskan dalam pemrosesan.

Sejumlah besar cache CPU akan meningkatkan kinerja mikroprosesor ke titik di mana ia dapat mengungguli prosesor yang lebih cepat yang memiliki sedikit memori cache yang terpasang pada sistem. Kecepatan bus front side (FSB) juga berperan dalam menentukan kinerja mikroprosesor.

Kecepatan bus pada umumnya secara tradisional menjadi hambatan bagi karakteristik kinerja pada komputer pribadi ( PC ) di mana pemrosesan harus disalurkan bolak-balik melintasi bus ke memori. Tingkat FSB yang tinggi pada tahun 2011 untuk prosesor Core 2 berada pada level 1.600 megahertz, atau 1.600 juta siklus per detik, dari set instruksi komputer.

Related : Pengertian Cache CPU dan Fungsinya

0 comments:

Posting Komentar