Kamis, 24 Agustus 2017

Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)

Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network) - Personal area network (PAN) adalah jaringan telekomunikasi antara satu perangkat dengan perangkat yang lain dalam jarak sangat dekat, (hanya dalam beberapa meter saja).

pengertian jaringan PAN

 

Jaringan PAN ini adalah titik akses berbagai perangkat pribadi seperti komputer, laptop, telpon, tv, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, atau perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada jaringan PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Adapun teknologi yang digunakan untuk membuat jaringan PAN antara lain adalah Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Jaringan PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer atau laptop, seperti USB dan Firewire. Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer.

Jangkauan dari jaringan PAN umumnya hanya beberapa meter saja.

Jaringan PAN dapat anda gunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (handpone dan laptop)

Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network
Menghubungkan beberapa perangkat seperti laptop, handphone dan komputer.
Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal).
Transper data antara perangkat pribadi.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
Menghubungkan telepon genggam dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan mouse dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan Printer dengan Laptop (komputer) menggunakan Bluetooth    

Selain itu, Jaringan PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.

Terlepas dari perangkat yang digunakan milik pribadi atau milik orang lain.

Jangkauan dari jaringan PAN biasanya beberapa meter.

Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).

Teknologi Jaringan PAN

Teknologi yang digunakan untuk membuat jaringan PAN adalah Bluetooth PAN yang disebut piconet, dan terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan client dan server.

Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat  yang berkomunikasi   dengan slave master. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, atau 100  meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.

Artikel berkaitan;
Pengertian Jaringan LAN
harga pom mini

Related : Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)

1 comments: